Tuesday, Dec. 12, 2017

Buah Juwet, Buah Langka Dari Bali Yang Memiliki Banyak Manfaat

Written By:

|

November 22, 2017

|

Posted In:

Buah Juwet, Buah Langka Dari Bali Yang Memiliki Banyak Manfaat

Buah Juwet sudah tak asing lagi didengar oleh masyarakat Bali, buah ini memiliki rasa kecut dan manis serta  terbilang langka dan keberadaannya jarang ditemui di Bali. Ternyata, buah berwarna hitam dengan bentuk lonjong ini banyak menyimpa manfaat yang tidak banyak kita ketahui. Apa saja manfaatnya?

1. Secara ilmiah, buah Juwet memiliki indeks glikemik rendah. Hal ini membuat buah Juwet menjadi pilihan yang tepat sebagai obat diabetes oleh para ahli kesehatan alternatif. Studi lain menunjukkan bahwa biji buah jamblang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Manfaat buah ini dikaitkan dengan menurunkan risiko komplikasi akibat diabetes.

2. Buah Juwet juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang, karena mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C.

3. Selain kandungan nutrisi di atas, buah Juwet juga sarat dengan kandungan asam ellagic (ellagitannins), anthocyanins, dan anthocyanidins yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Senyawa tersebut juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah oksidasi kolesterol dan formasi plak yang memicu penyakit jantung.

4. Selain buahnya, bagian lain seperti daun, kulit, batang dan bijinya secara tradisional dapat digunakan sebagai obat infeksi karena bakteri. Tanaman Juwet memiliki senyawa asam malat, asam galat, asam oksalat dan tanin. Kandungan senyawa tersebut berfungsi sebagai antimalaria, sifat antibakteri dan gastroprotektif.

5. Selain membantu mencegah dan mengobati penyakit, daun buah Juwet juga sering digunakan untuk mengobati diare dan maag. Kandungan aktibakteri dalam daun membuat daun Juwet digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan kesehatan mulut.

Demikian artikel menarik tentang manfaat Buah Juwet yang kini keberadaannya mulai jarang ditemui.

 

referensi artikel:
http://bali-dogen.blogspot.co.id/2010/12/buah-yang-terlupakan.html
https://www.merdeka.com/sehat/6-manfaat-sehat-tak-terduga-dari-buah-jamblang-juwet.html

Share This Article

Related News

Kenali dan Ketahuilah Maskot Seluruh Kabupaten di Bali
Tradisi Mesuryak, Satu Dari Seribu Tradisi Unik di Bali
Makna Dibalik Sarana Upacara Hari Raya Kuningan

About Author

yuni

Leave A Reply

Leave a Reply