Monday, Nov. 20, 2017

Desa Tenganan memiliki Pesona yang Mendunia

Written By:

|

October 17, 2017

|

Posted In:

Desa Tenganan memiliki Pesona yang Mendunia

Desa Tenganan, sebuah Desa Bali Aga atau Bali Asli dan merupakan salah satu tempat wisata di Bali. Desa tradisional ini berada di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem di bagian timur pulau Bali. Desa Adat Tenganan Pegringsingan berada di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali dan berjarak sekitar 70 km dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Sejarah Desa Tenganan sendiri berawal dari kemenangan Dewa Indra dari peperangan yang melawan Raja Mayadenawa. Peperangan itu dianggap kotor, dalam upacara penyucian menggunakan kurban seekor kuda dan terpilihlah Oncesrawa yang merupakan kuda milik Dewa Indra. Kuda yang memiliki kesaktian tersebut melarikan diri pada saat dijadikan kurban. Dewa Indra menugaskan Wong Peneges untuk mencari kuda itu. Pada saat itu orang Paneges dibagi menjadi dua kelompok .Kelompok pertama yang mencari ke arah Barat menemukan jejak kuda dan kelompok kedua yang mencari ke arah Timur berhasil menemukan kuda itu dalam keadaan mati di lereng bukit, Desa Tenganan Pegringsingan.

Tenganan diambil dari kata ngatengahang (bergerak ke tengah) dan ada juga yang mengatakan Tenganan berasal dari tengeh(kanan). Kata Pegringsingan diambil dari kata gring dan sing. Desa Adat Tenganan Pegringsingan menggunakan bahasa halus madia dan setiap logatnya selalu diakhiri dengan “a”. Bahasa khas untuk panggilan laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki memiliki panggilan “Cong” dan perempuan “Nyi”.

Bangunan adat yang digunakan untuk tempat tinggal sangat berbeda dan unik. Setiap bangunan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bale-bale dibangun di arah selatan sampai utara. Hampir semua penduduk desa memiliki pekerjaan sebagai petani tapi ada juga sebagai pengrajin. Kerajinan yang dibuat biasanya ukir-ukiran, anyaman bambu, lukisan di daun lontar dan kain tenun. Kain tenun khas masyarakat desa ini sudah dikenal banyak orang bahkan sampai mendunia.

 

Sumber:

blog.baliagatour.co.id/sejarah-desa-tenganan-karangasem-bali/

kintamani.id/menelusuri-wisata-budaya-bali-desa-adat-tenganan-pegringsingan-001248.html

Share This Article

Related News

Nikmati Hijaunya Bukit dan Birunya Laut di Bukit Asah Bugbug Karangasem
Pesona Pura Luhur Batukaru Tabanan
Pasar Sukawati, Pasar Seni yang Terpopuler di Bali

About Author

milasari

Leave A Reply

Leave a Reply