Tuesday, Dec. 12, 2017

Gitar Blueberry : Gitar Ukir Khas Bali Yang Mendunia

Written By:

|

November 22, 2017

|

Posted In:

Gitar Blueberry : Gitar Ukir Khas Bali Yang Mendunia

Berasal dari seorang pemahat patung, kini I Wayan Tuges telah bertransformasi menjadi pembuat gitar ukir khas Bali yang memiliki nilai seni tinggi. Pria kelahiran 7 Oktober 1952 ini merupakan sosok paruh baya dengan kemampuan seni kreatif di sekujur jari-jarinya yang sukses menyuntikan inovasi terhadap instrumen gitar. Di tangan Tuges, gitar kini tak tampil apa adanya lagi meliankan dihiasi dengan detil-detil ukiran khas Bali yang sangat indah.

Ide untuk membuat gitar ukir ini berawal pada sekitar tahun 2005 saat seorang musisi dan pengusaha asal Kanada bernama Danny Fonfeder datang ke rumah Tuges dengan membawa sebuah gitar yang ia beli dari sebuah toko di Denpasar. Ia mengaku tertarik dengan hasil ukiran Tuges dan secara tidak langsung menantang Tuges untuk membuat gitar dengan aksen ukir-ukiran. Setelah mencoba dengan satu gitar pecobaan, Tuges kemudian memutuskan untuk mendalami tentang pembuatan gitar dengan seorang pembuat gitar paling senior di Amerika Serikat bernama George Morris. saat Morris memastikan gitar buatan Tuges telah siap pamer, Tuges langsung memasarkan gitar ukir khas Bali ke publik Internasional.

Gitar Blueberry : Gitar Ukir Khas Bali Yang Mendunia

Tak tanggung-tanggung gitar hasil karyanya yang resmi dipamerkan pada tahun 2007 lalu tersebut telah dipasarkan hingga Kanada, Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat. Tercatat musisi-musisi kondang seperti Rob Lutes, Rick Monroe, Dino Bradley dan George Canyon Band Country Rock Little Texas menggunakan koleksi gitar ukir karya I Wayan Tuges. Tak hanya gitaris dunia, beberapa musisi Indonesia semisal Dewa Budjana, Balawan, Iwan Fals, dan Erros Djarot pun memesan gitar-gitar ukir Tuges.

Alat musik petik yang diproduksi di rumah produksi Tuges terbuat dari bahan-bahan berkualitas seperti rose wood, kayu mahoni, kayu eboni, dan alascan spruce, dan juga kayu lokal. Harga gitar Blueberry ini bervariatif tergantung bahan dan tingkat kesulitan pembuatannya.

 

Sumber :
https://hot.detik.com/art/1705441/blueberry-gitar-ukiran-khas-bali-yang-go-international
https://www.kompasiana.com/arifrahman/i-wayan-tuges-seniman-gitar-ukir-yang-go-international-if-you-cant-be-the-first-or-the-best-be-the-most-unique_54f69d30a33311a17c8b520e

Gitar Ukir Bali, Salah Satu Perkembangan Industri Musik di Indonesia


http://warga-desa-worlds.blogspot.co.id/2017/02/gitar-bernuansa-batik-dibuat-oleh-pak-i.html

Share This Article

Related News

I Made Terip, tokoh bali yang mendunia
Ni Ketut Arini, Kesetiaan terhadap Tarian Bali
Musisi Bali, Agus Teja Sentosa, S.Sn

About Author

fifi

Leave A Reply

Leave a Reply