Wednesday, Sep. 20, 2017

I Nyoman Nuarta, Tokoh Seni Rupa Bali yang Dikenal di Dunia

Written By:

|

September 5, 2017

|

Posted In:

I Nyoman Nuarta, Tokoh Seni Rupa Bali yang Dikenal di Dunia

I Nyoman Nuarta merupakan tokoh seni rupa yang berasal dari Bali, lahir di Tabanan, Bali pada tanggal 14 November 1951. Nyoman Nurarta merupakan putra keenam dari sembilan bersaudara dari pasangan Wirjamidjana dengan Semuda. Nuarta dari kecil di didik oleh pamannya yang merupakan seorang guru Seni Rupa dan Nuarta di ajari untuk belajar seni patung kotemporer oleh Sumbangsi Ketut Dharma Susila. Nuarta melanjutkan sekolahnya di ITB dan memilih jurusan Seni Rupa di tahun 1972 sebelumnya dia memilih jurusan Seni Lukis tapi pindah ke jurusan Seni Patung di tahun kedua studinya. Ternyata dia berbakat di bidang Seni Patung dan mengantarkannya di  perlombaan Patung Proklamator Republik Indonesia. Banyak karya yang sudah dia hasilkannya, kebanyakan karyanya merupakan patung modern yang memiliki gaya naturalistik dan materi yang dibuat dari bahan tembaga dan kuningan.

Karya-karyanya yang terkenal adalah Patung Grauda Wisnu Kencana (Badung,Bali), Menumen Jalesveva Jayamahe (Surabaya), Monumen Proklamasi Indonesia (Jakarta),Patung Wayang (Solo), Monumen Arjuna Wijaya (Jakarta), Patung Putri Melenu (Kalimantan Timur), Patung Timika di alun-alun Newtown Freeport (Irian Jaya) dan masih banyak lagi. Karyanya juga dipajang di berbagai ajang seperti, The Dialogue of 12 Indonesia Artists,Jakarta (1997), The World Economic Forum (WEF) Exhibition, Davos Switzerland (1997), The Sculpture Exhibition of The APEC Countries, Phillipines (1996), Asian Modernism Exhibition, Tokyo (1995), Joint Exhibition of ITB’s Alumni, Badung (1995), dan The Contemporary Art of the Non Aligned Countries Exhibition, Jakarta (1995). Bagi Nyoman Nuarta patung memiliki tiga kekuatan yaitu, pertama menjadikan sebagai ikon di tengah publik dan menjadikan milik publik. Kedua, patung dijadikan elemen estetik yang akan menghibur mata. Ketiga, patung digunakan untuk pengikat dari sebuah kawasan atau sebagai simbol untuk mengikat suatu lokasi.

Sekitar 28 patung hasil karya dari Nyoman Nuarta yang sudah dipajang di Bandara Soetta. Karyanya ini akan dipamerankan dari bulan Mei hingga September. Tidak hanya itu, pada tahun 2009 I Nyoman Nuarta mendapatkan penghargaan berupa Jasa Adiutama dari almamaternya. Tidak hanya patung dan monumen, Nuarta juga membuat trofi untuk kejuaraan olahraga. Di tahun 1994, dia merancang desain dari Piala Liga Dunhill dan di tahun 2011, dia kembali mendesain piala Championship Tropy National Basketball League (NBL) Indonesia di tahun 2011 sampai 2012. I Nyoman Nuarta juga memiliki Galerry Seni Nyoman Nuarta (NU ART) yang berada di Jalan Setra Duta Kencana II no.11 Bandung.

 

sumber:

http://berbagaimacamlaptop.blogspot.co.id/2010/12/biografi-nyoman-nuarta.html

http://www.sinarharapan.co/news/read/140612058/Nyoman-Nuarta-dan-Fenomena-Patung-Monumental-span-span-

http://www.kompasiana.com/benkebenke/i-nyoman-nuarta-pematung-pemikir-pekerja_57f6172d8ffdfd490dad1450

http://blitarkusayang2.blogspot.co.id/2013/11/biografi-i-nyoman-nuarta-pembuat-patung.html

https://id.wikipedia.org/wiki/I_Nyoman_Nuarta

 

Share This Article

Related News

Ni Ketut Arini, Kesetiaan terhadap Tarian Bali
Musisi Bali, Agus Teja Sentosa, S.Sn
Seorang Bidan Asal Bali Sukses Jadi Developer Android

About Author

milasari

Leave A Reply

Leave a Reply