Sunday, Nov. 19, 2017

Jangan Lupa Cicipi Kelezatan Nasi Sela saat Berkunjung ke Karangasem

Written By:

|

October 14, 2017

|

Posted In:

Jangan Lupa Cicipi Kelezatan Nasi Sela saat Berkunjung ke Karangasem

Selain Bali yang kaya akan sektor pariwisatanya, Bali juga terkenal akan kulinernya yang unik dan memiliki cita rasa yang khas. Siapa yang tak pernah mendengar nama kuliner ‘Nasi Sela’? Nasi sela tentunya tak asing lagi dikalangan masyarakat Bali, nasi sela merupakan makanan khas Karangasem yang terdiri dari campuran nasi putih dengan potongan ubi manis yang dipotong kecil-kecil. Nasi sela di Bali sudah populer sejak tahun 1970-an, Nasi Sela sempat menjadi makanan pokok masyarakat setempat karena pada saat itu beras sangat langka di Bali, hal itu menyebabka sela (ubi) menjadi bahan alternatif untuk campuran nasi untuk menambah volume nasi.

Penggemar Nasi Sela terbilang cukup banyak, bukan hanya orang Bali saja yang gemar makanan ini, wisatawan asing terutama orang Eropa juga menyukai citarasa dari Nasi Sela. Nasi Sela memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada sekedar nasi putih biasa. Keunikan Nasi Sela adalah rasanya yang khas dengan perpaduan nasi, sela (ketela/ubi), yang dicampur dengan varian lainnya.

Komposisi pembuatan Nasi Sela cukup sederhana. Cukup dengan beras yang dimasak bersama cincangan ubi jalar atau ketela. Perlu diketahui, jika ubi jalar yang dipakai akan membuat tekstur nasi menjadi lembut dan memiliki rasa manis khas ubi jalar.

Di jaman modern ini, Nasi Sela telah mengalami variasi dalam pengolahannya, dimana Nasi Sela sekarang bisa ditambahkan sayur bejek, udang kecil, kacang tanah, sate lilit, sambal bongkot, pesan celengis, dan sambal matah dalam penyajiannya. Tentu saja dengan campuran tambahan tersebut akan semakin menggugah selera makan.

Referensi:

https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-bali/nasi-sela-menikmati-rasa-nasi-special-khas-bali

http://kooliner.com/blog/nasi-sela-khas-bali-menu-sehat-dan-hemat

Share This Article

Related News

Berburu Kuliner Khas Buleleng Yakni Bubur Mengguh
Tape Ketan, Kuliner Khas Galungan Yang Wajib Dicoba
Anggur Buleleng, Buah Bali Dengan Kualitas Dunia

About Author

yuni

Leave A Reply

Leave a Reply