Sunday, Oct. 21, 2018

Jangan Lupa Datang ke Desa Celuk, Surga Perak di Bali

Written By:

|

December 15, 2017

|

Posted In:

Jangan Lupa Datang ke Desa Celuk, Surga Perak di Bali

celuk silver

Desa Celuk, Gianyar merupakan salah satu desa di Bali yang terkenal akan kerajinan peraknya. Celuk sudah dikenal sebagai daerah pengrajin perak sejak tahun 1976. Menurut keterangan dari warga Celuk, dulu sebelum Celuk terkenal, hanya ada 3 pengrajin perak disana, dan kerajinanya pun tidak banyak diminati dan hanya dipajang didepan rumah. Namun, ketika perkembangan wisata di Bali mulai terasa, akhirnya banyak para wisatawan yang berdatangan ke Pulau Dewata, akhirnya bermunculan pengrajin-pengrajin perak baru yang mengikuti langkah dari ketiga pengrajin tersebut. Maka dari itu mayoritas warga Desa Celuk berprofesi sebagai pengrajin perak.

Ada banyak macam kerajinan yang berbahan dasar perak, seperti cincin, anting, kalung, gelang, bros, dan liontin. Selain perhiasan, masih banyak lagi yang lainnya, seperti perabotan rumah tangga dan alat persembahyangan agama Hindu (bokor).

Biasanya, hasil kerajinan perak yang dijual akan dipajang dalam rak-rak kaca. Oleh sebab itu kawasan Celuk sering disinggahi oleh wisatawan untuk melihat-lihat bahkan membeli barang-barang kerajinan perak tersebut. Harganya juga cukup terjangkau, tergantung barang. Misalnya anting-anting Perak Celuk harga termurah Rp 35.000 rupiah. Ada juga barang kerajinan lainnya yang bernilai hingga ratusan juta rupiah.

pengerajin perak celuk

Selain berbelanja, kita juga bisa menyaksikan proses pembuatan kerajinan perak secara lagsung, mulai dari pemanasan bahan baku perak, pemotongan, pembentukan motif dan disain, pemanis, hingga penghalusan bisa disaksikan secara langsung dari para pengerajinnya.

referensi artikel:
http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/tertarik-dengan-kerajinan-perak-datang-ke-desa-celuk/
http://www.wisatabali.info/2014/06/desa-celuk-bali.html
https://ksmtour.com/pusat-oleh-oleh/oleh-oleh-khas-bali/desa-celuk-pusat-kerajinan-perak-khas-bali.html

Share This Article

Related News

OMED – OMEDAN
Hutan Monyet di Alas Kedaton
Inilah Destinasi Baru Bagi Kalian Pecinta Air Terjun

About Author

yuni

Leave A Reply

Leave a Reply