Saturday, Jul. 21, 2018

Jukut Ares, Kuliner dari Batang Pisang yang Kaya Manfaat

Written By:

|

December 4, 2017

|

Posted In:

Jukut Ares, Kuliner dari Batang Pisang yang Kaya Manfaat
jukut-ares

jukut-ares

Masyarakat Bali tentunya sudah tak asing lagi dengan kuliner bernama Jukut Ares. Jukut Ares, makanan sayur berkuah yang berbahan dasar batang pohon pisang (anak pohon pisang) yang masih muda. Batang pohon pisang yang digunakan juga tidak boleh sembarangan lho! Dalam memasaknya orang Bali akan menggunakan batang pohon pisang jenis pisang batu/pisang klutuk karena dipercaya bisa mendapatkan rasa yang enak.

Kuliner Jukut Ares biasanya dipadukan dengan balung (tulang babi/ayam/bebek/sapi, dll). Masakan khas Bali ini biasanya dibuat beramai-ramai saat ada upacara atau kegiatan adat yang melibatkan banyak orang di Bali. Membuatnya pun cukup mudah, yaitu: Pertama-tama yang dibutuhkan adalah batang muda pohon pisang batu, kemudian batang pisang ini dikupas kulitnya agar kelihatan bagian dalam yang berwarna putih. Setelah itu, batang pisang yang sudah dikelupas tadi diiris-iris dengan ketebalan tidak lebih dari 0.5 cm, jika sudah diiris langsung ditampung di baskom dan direndam menggunakan air garam, jangan lupa juga untuk mengaduk dan diremas agar irisan nya menjadi halus. Ketiga, siapkan bumbu genep/lengkap yang dihaluskan lalu ditumis. Terakhir, Masukkanlah rendaman tadi dengan bumbu genep, direbus sampai matang.

jukut-ares

Kuliner ini baik untuk orang yang sedang diet lemak karena Jukut Ares ini akan memberi rasa kenyang lebih lama. Kandungan seratnya juga dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak da kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Selain itu jukut ares juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikaogulan (mencegah penggumpalan darah).

Masyarakat Bali biasanya menikmati Jukut Ares ditemani dengan nasi hangat, lawar, dan sate lilit. Jika anda tak sempat membuatnya, jukut ares ini biasanya dijual pada warung yang menjual babi guling.

referensi artikel:
http://bali-dogen.blogspot.co.id/2011/08/jukut-ares-sayur-batang-pisang
http://pandajajan.blogspot.co.id/2011/11/manfaat-jukut-ares-sayur-jantung-pisang
http://www.rbelltour.com/2014/11/masakan-khas-bali-jukut-ares

Share This Article

Related News

Jaja Kaliadrem, Si Manis Pelengkap Sesaji Galungan
Sea Circus: Tempat Nongkrong Yang Instagrammable
Nikmati Legitnya Jajanan Khas Bali, Batu Bedil

About Author

yuni

Leave A Reply

Leave a Reply