Friday, Jan. 19, 2018

Kenali dan Ketahuilah Maskot Seluruh Kabupaten di Bali

Written By:

|

November 24, 2017

|

Posted In:

Kenali dan Ketahuilah Maskot Seluruh Kabupaten di Bali

Kenali dan Ketahuilah Maskot Seluruh Kabupaten di Bali

Memiliki maskot daerah merupakan hal yang penting untuk memudahkan kita mengenal dan mengingat suatu daerah karena maskot berkaitan erat dengan identitas suatu daerah. Maskot daerah bisa dalam bentuk lambang daerah, motto, bendera, lagu hymne dan mars kabupaten, flora serta fauna yang khas banyak ditemui di daerah itu. Berikut maskot-maskot seluruh kabupaten di Bali

1. Kabupaten Bangli: Bunga Sandat (Kenanga)

Kabupaten Bangli menjadikan Bunga Sandat sebagai maskot daerahnya, kabupaten ini merupakan salah satu daerah di Bali yang tidak memiliki Pantai. Berdasarkan letak geografisnya, Kabupaten Bangli berbatasan dengan Kabupaten Buleleng disebelah Utara, Klungkung dan Karangasem disebelah Timur, dan Kabupaten Badung serta Gianyar disebelah Barat.

2. Kabupaten Buleleng: Lumba-lumba

Kabupaten Buleleng merupakan salah satu kabupaten yang sektor pariwisatanya lebih maju setelah kabupaten Badung. Maskot Lumba-lumba dipilih karena memang  Buleleng terkenal akan daerah pariwisatanya yang menarik dan memiliki lumba-lumba.

3. Kabupaten Karangasem : Lagu Sekar Tunjung (Bunga Teratai)

Sekar Tunjung yang dikenal sebagai maskot Karangasem ini diharapkan dapat meningkatkan rasa memiliki, cinta dan bangga menjadi masyarakat Karangasem, dan akhirnya berkembang menjadi sebuah kesadaran untuk memiliki dan memeliharanya.

4. Kabupaten Klungkung : Sekar Cempaka (Bunga Cempaka)

Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten terkecil/tersempit di Provinsi Bali dan menjadikan Sekar Cempaka sebagai maskot daerahnya. Sepertiga wilayah Kabupaten Klungkung (112,16 km²) terletak di antara pulau Bali dan dua pertiganya (202,84 km²) lagi merupakan kepulauan, yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

5. Kabupaten Gianyar : Tari Sekar Pucuk (Bunga Pucuk)

Kabupaten Gianyar memiliki Tari Sekar Pucuk sebagai identitas daerahnya. Ada pesan dan kesan dalam tarian ini. Bukan sekedar melihat kecantikan penari dan keindahan gerak, tapi tarian ini mengandung kesucian, kebenaran, ketulusan dan keindahan sehingga tari ini memiliki kharisma dan taksu.

6. Kabupaten Tabanan: Tari Bungan Sandat

Pemerintah Kabupaten Tabanan memilih Tari Bungan Sandat Sebagai maskot kabupaten karena bungan sandat sendiri memiliki hubungan yang erat degan ritual keagamaan umat Hindu dan kehidupan manusia. Selain itu, bungan sandat juga memiliki warna hijau yang berkaitan dengan keagungan, keharuman dan keindahan.

maskot kota denpasar

maskot kota denpasar

7. Kabupaten Jembrana: Tari Cempaka Putih

Tari Cempaka Putih menjadi salah satu ikon Kabupaten Jembrana. Tari Cepaka Putih menggambarkan keindahan bunga cepaka putih dengan pohonnya yang rindang. Selain itu bunga ini keharuman sangat khas dan berada pada tempat khusus bila digunakan sebagai sarana upacara atau banten.

8. Kabupaten Badung: Bungan Jepun

Bunga Jepun yang menjadi maskot Kabupaten Badung ini dianggan memiliki kekuatan gaib dari 5 atau 6 helai mahkota bunga jepun (kamboja), karena itulah Bunga Jepun dijadikan sebagai ciri khas daerah pariwisata ini.

9. Kota Denpasar: Bunga Jempiring

Bunga jempiring jika direfleksikan pada diri manusia, bunga yang putih bersih melambangkan kesucian atau kejernihan fikiran dan perbuatan yang jujur, bunga yang harum memberi daya tarik pada setiap insan sebagai simbul kewibawaan dan taksu, serta daunnya yang berwarna hijau melambangkan kesejukan atau ketentraman hati.

Itulah daftar maskot-maskot seluruh kabupaten di Bali. Tentunya, maskot daerah memiliki arti yang penting untuk daerah itu sendiri, entah itu untuk mencirikan wilayah maupun sebagai cerminan dari sifat daerah tersebut.

Referensi artikel:
https://denpasarkota.go.id/index.php/profil/2/Maskot
http://marikunjungi.blogspot.co.id/2012/07/sekar-jepun-maskot-kabupaten-badung.html
https://jembranakab.go.id/index.php?module=detailberita&id=2442
http://www.antarabali.com/berita/63514/bupati-kukuhkan-sandat-sebagai-maskot-tabanan
https://www.gianyarkab.go.id/index.php/baca-berita/4855/Menengok-Persiapan-Tari-Bunga-Pucuk-HUT-Kota-Gianyar-2015
http://marikunjungi.blogspot.co.id/2012/07/sekar-cempaka-maskot-kabupaten.html
http://v2.karangasemkab.go.id/index.php/baca-berita/6181/Buka-Seminar-Sehari-Lagu-Maskot-Sekar-Tunjungkoma-Asisten-III-Wayan-Supandi-Minta-Tingkatkan-Rasa-Memiliki-Dan-Cinta-Daerah
https://bulelengkab.go.id/detail/berita/maskot-dan-logo-porprov-bali-xii-diputuskan
http://marikunjungi.blogspot.co.id/2012/07/sekar-sandat-maskot-kabupaten-bangli.html

Share This Article

Related News

Tumpek Kandang dalam Tradisi Hindu
Wisata ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Tabanan
Melihat Burung Kokokan di Desa Petulu, Ubud

About Author

yuni

Leave A Reply

Leave a Reply