Monday, Nov. 20, 2017

Kopi Kintamani, Kopi Khas Bali Dengan Citarasa Tinggi

Written By:

|

October 23, 2017

|

Posted In:

Kopi Kintamani, Kopi Khas Bali Dengan Citarasa Tinggi

Bali ternyata memiliki salah satu jenis kopi yang kini menjadi ciri khas di Desa Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Kopi Kintamani, kopi yang berasal dari tanaman kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Kintamani ini memiliki citarasa yang khas dengan aroma citrus dan tingkat keasaman rendah.

Kawasan Kintamani berada di lereng Gunung berapi Batur. Kawasan ini memiliki udara dingin dan kering dengan curah hujan yang banyak selama 6-7 bulan musim hujan. Kopi Kintamani berhasil menjadi salah satu dari tiga kopi Indonesia yang mendapat Sertifikat Indikasi Geografis Unik atau yang lebih dikenal dengan Indikasi Geografis. Kopi Kintamani juga menjadi yang pertama mendapatkan Sertifikat Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dengan indikasi Geografis.

Citarasa yang khas, tahan hama penyakit, berbuah lebat, dan produktivitas yang tinggi telah diakui konsumen mancanegara Kopi Kintamani sebagai sebuah keunggulan. Gelondong Merah yang telah dipetik secara manual selanjutnya diolah secara basah dengan waktu fermentasi selama 12 atau 36 jam kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Teknik olah yang dikembangkan oleh petani Kintamani bisa mewujudkan potensi mutu kawasan Kintamani.

Bali baru memperdagangkan 3 jenis hasil perkebunan ke pasar ekspor. Selain kopi arabika Kintamani, ada juga teh, kakao, karet, kelapa sawit, kelapa, dan masih banyak komoditas lainnya. Mengenai luas wilayah khusus untuk kopi arabika Kintamani Bali meliputi 64 wilayah subak.

 

Sumber :
ksmtour.com/pusat-oleh-oleh/oleh-oleh-khas-bali/kopi-kintamani-rasa-khas-kopi-bali.html
kopikopen.com/blog/kopi-bali-kintamani/
rumahmesin.com/jenis-kopi/
sadakoffie.com/

Share This Article

Related News

Berburu Kuliner Khas Buleleng Yakni Bubur Mengguh
Tape Ketan, Kuliner Khas Galungan Yang Wajib Dicoba
Anggur Buleleng, Buah Bali Dengan Kualitas Dunia

About Author

fifi

Leave A Reply

Leave a Reply