Sunday, Nov. 19, 2017

Makna Dibalik Sarana Upacara Hari Raya Kuningan

Written By:

|

November 8, 2017

|

Posted In:

Makna Dibalik Sarana Upacara Hari Raya Kuningan

Seminggu setelah perayaan hari raya Galungan, umat Hindu di Bali akan menyambut datangnya Hari Raya Kuningan yang menurut kalender Bali jatuh pada Saniscara Kliwon, wuku Kuningan. Sama halnya seperti perayaan Galungan, saat Kuningan tiba umat Hindu akan berbondong-bondong datang ke pura untuk menghaturkan persembahan berupa sodan kuningan kepada leluhur mereka. Tapi perbedaannya ada pada waktu pelaksanaannya, dimana ritual persembahyangan dilakukan hanya setengah hari saja, sebelum jam 12 siang upacara harus sudah selesai, karena sebelum siang hari energi alam semesta (Panca Maha Butha) mencapai klimaksnya, dan setelah siang hari memasuki masa pralina dimana energi tersebut sudah kembali pada asalnya beserta para Dewa dan Bhatara.

Sama seperti nama harinya, Kuningan. Di hari tersebut, umat Hindu memiliki sajian khas yaitu persembahan berupa Nasi Kuning. Menurut kepercayaan, nasi kuning menyimbolkan kemakmuran yang telah dianugrahkan Sang Pencipta dan juga sebagai rasa terimakasih umat manusia atas anugerah yang diberikan.

tamiang kuningan

Selain persembahan berupa makanan, sarana lainnya yang paling khas dan simbolik dalam perayaan Kuningan adalah tamiang, endongan, ter, dan sampian gantung. Tentu saja sarana-sarana tersebut memiliki arti yang penting, diantaranya: Tamiang memiliki makna sebagai simbol perlindungan diri, mengingat bentuknya yang bulat, Tamiang juga sering dipahami sebagai lambang Dewata Nawa Sanga yang menjadi penguasa sembilan arah mata angin. Selanjutnya, ada Endongan yang bermakna sebagai wadah untuk menempatkan perbekalan. Sedangkan, Ter melambangkan senjata panah dan Sampian gantung sebagai simbol penolak bala. Saat Hari Raya Kuningan, manusia diharapkan uning dan eling (tahu dan sadar) untuk tetap mengendalikan diri atau indria yang tidak pernah ada batasnya.

 

referensi artikel:
http://www.balisaja.com/2013/04/mengapa-sarana-upakara-hari-kuningan.html
http://www.balitoursclub.net/hari-raya-kuningan/

Share This Article

Related News

Tradisi Nyaagang : Wujud Bakti Kepada Roh Leluhur
Tradisi Mesuryak, Satu Dari Seribu Tradisi Unik di Bali
Tradisi “Dewa Masraman” Yang Masih Lestari

About Author

yuni

Leave A Reply

Leave a Reply