Friday, Jan. 19, 2018

Melihat Burung Kokokan di Desa Petulu, Ubud

Written By:

|

December 23, 2017

|

Posted In:

Melihat Burung Kokokan di Desa Petulu, Ubud

burung kokoan

Burung Kokokan atau Bangau Putih adalah salah satu burung yang terbilang langka di Bali. Salah satu tempat dimana kita bisa melihat populasi Burung Kokoka adalah di Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Gianyar. Desa Petulu memiliki pesona alam yang luar biasa ditambah lagi dengan ratusan populasi burung Kokokan yang berterbangan menambah kesan cantik dari desa ini. Dengan alam Desa Petulu yang masih terawat, burung langka ini bisa hidup bebas dan nyaman diatas pohon-pohon pelindung yang ada disepanjang jalan Desa Petulu.

Burung Kokokan juga sangat dikeramatkan oleh warga Bali, karena konon pada tahun 1965 dimana saat itu jumlah burung Kokokan hanya beberapa ekor saja karena banyak diburu oleh manusia. Penduduk setempat mempercayai bahwa burung Kokokan membawa kemakmuran dan melindungi desa dari roh-roh jahat, karena itulah tak sdikit juga orang yang mempercayai bahwa burung Kokokan dipandang sebagai pembawa berkah.

burung kokoan

Jika ingin melihat burung Kokokan, datanglah ke Petulu pada waktu sore hari dimana saat itu Kokokan sedang mencari makan. Biasanya burung Kokokan datang ke desa Petulu saat bulan November s/d Maret untuk membuat sarang, bertelur dan menetaskan telurnya, hingga pada saat bulan April anak burung sudah mulai terbang dan mencari makan.

referensi artikel:
http://blog.kura2guide.com/petulu-heron-village/?lang=in
https://wisatabali4u.wordpress.com/2013/03/25/melihat-burung-kokokan-di-desa-petulu/

Share This Article

Related News

Tumpek Kandang dalam Tradisi Hindu
Hutan Monyet di Alas Kedaton
Inilah Destinasi Baru Bagi Kalian Pecinta Air Terjun

About Author

yuni

Leave A Reply

Leave a Reply