Saturday, Nov. 25, 2017

Ni Ketut Arini, Kesetiaan terhadap Tarian Bali

Written By:

|

September 13, 2017

|

Posted In:

Ni Ketut Arini, Kesetiaan terhadap Tarian Bali

Ni Ketut Arini lahir di Denpasar, Bali pada tanggal 15 Maret 1943. Ni Ketut Arini merupakan seniman berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal melalui sejumlah karyanya berupa koreografi tari yang dipentaskan di berbagai panggung pertunjukan. Arini merupakan salah satu maestro dari Bali yang kerap menjalani misi kebudayaan ke berbagai negara. Ni Ketut Arini ini tidak pernah berhenti menari. Dia selalu mengajarkan tarian Bali di sanggarnya dan melayani panggilan untuk melatih di luar negeri merupakan keseharian Arini. Karena kesetiaannya pada tarian, Arini ingin tetap menjaga dan melestarikan seni tari Bali melalui anak-anak didiknya.

Menurutnya menari sudah menyatu dengan jiwanya, dari umur 3 tahun dia sudah belajar menari. Jiwa seninya ini mengalir dari Ayahnya yang merupakan seorang penabuh gamelan. Ni Ketut Arini juga berlatih dengan pamannya, dia pernah sekolah di Konservatori Kerawitan Indonesia Jurusan Bali (KOKAR BALI) dan Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar. Saat itu dia belajar mengenai teknik tari Bali dengan cara teori dan praktik.

Pada tahun 1957, dia sudah terpilih untuk mengikuti upacara Hyang Dedari di Banjar Pande Sumerta Kaja, Denpasar. Tarian legong merupakan keahlian Arini dan pada umur 14 tahun, dia sudah menjadi pelatih tari di berbagai sanggar.

Ni Ketut Arini kemudian dikenal sebagai maestro tari Condong, yang ditampilkan di Drama Tari Bali. Selain Condong, dia juga menghidupkan kembali tari Legong Klasik yang hamper punah. Di Bali ada sekitar 14 gaya tari Legong Klasik, dan dia juga menguasai enam di antaranya, Legong Pelayon, Lasem, Kuntul, Kuntir, Jobog, dan Semarandhana. Dari tarian itu dia mengajarkan di sanggar Warini. Muridnya tidak hanya dari sekitar sanggar saja, ada juga yang berasal dari Jepang, Amerika Serikat dan Swiss.Pada tahun 1973, sanggar itu meluluskan 100 siswa. Tahun 1965 Ni Ketut Arini selalu pergi ke berbagai negara dengan muridnya yang berasal dari Amerika Serikat dengan tujuan untuk misi kebudayaan.

Sumber:
id.wikipedia.org/wiki/Ni_Ketut_Arini
travel.kompas.com/read/2015/03/14/103500027/Ni.Ketut.Arini.Kesetiaan.untuk.Tari.Bali

 

Share This Article

Related News

Gitar Blueberry : Gitar Ukir Khas Bali Yang Mendunia
I Made Terip, tokoh bali yang mendunia
Musisi Bali, Agus Teja Sentosa, S.Sn

About Author

milasari

Leave A Reply

Leave a Reply