Wednesday, Sep. 20, 2017

Nusa Penida Punya Ikan Mola-Mola Yang Langka

Written By:

|

April 13, 2017

|

Posted In:

Nusa Penida Punya Ikan Mola-Mola Yang Langka

Nusa Penida menyimpan panorama dan keindahan alam yang memukau. Pulau yang berada di ujung tenggara Pulau Bali ini memiliki perairan yang jernih dan terumbu karang yang beragam. Ditambah lagi dengan kehadiran Ikan Mola-Mola yang langka.

ikan mola mola

Ikan Mola-Mola memiliki bentuk bulat pipih dengan sirip yang ada di atas bawah, berbeda dengan dengan ikan pada umumnya yang memiliki sirip di kiri dan kanan tubuhnya. Hal ini disebabkan karena Ikan Mola-Mola merupakan ikan bertulang terberat dengan beratnya yang mencapai 2 ton lebih. Karena Sirip ikan mola mola berada di atas dan bawah, sering kali orang mengira ikan ini adalah hiu. Ukuran ikan mola-mola cukup besar, bahkan Ikan Mola-Mola dewasa bisa mencapai 3-4 meter.

Ikan mola-mola tidak berbahaya bahkan mendekati manusia yang sedang menyelam, makanan utama dari ikan ini adalah kepiting, ubur-ubur, plankton. Di Indonesia, Ikan mola-mola hanya dapat ditemui di Bali sekitar bulan Juli hingga September, sedangkan di belahan negara lainnya, ikan mola-mola dapat ditemui di Perancis, Jerman, Belanda, hingga Rusia.

Saat ini Ikan Mola mola terancam keberadaannya karena ia sering tersangkut baling-baling kapal, serta sampah plastik yang disangka ubur-ubur membuatnya tersedak hingga tak jarang banyak ikan mola mola yang mati. Permasalahan lainnya adalah rusaknya terumbu karang yang berpengaruh tak hanya pada kehiupan ikan mola-mola namun juga kehidupan biota laut lainnya.

Sumber :
www.beritasatu.com/food-travel/203307-temukan-ajaibnya-mola-mola-di-nusa-penida-bali.html
www.mongabay.co.id/2015/11/02/mola-mola-ikan-raksasa-yang-menggemaskan/

Share This Article

Related News

Ungkapkan Rasa Syukur Dengan Perang Tipat-Bantal
Indahnya Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Lima Tokoh Bali Terima Penghargaan “Bali Mandara Parama Nugraha 2017”

About Author

redaksi

Leave A Reply

Leave a Reply