Wednesday, Sep. 20, 2017

Patung Budha di Bawah Laut, Spot Menyelam Unik di Bali!

Written By:

|

April 20, 2017

|

Posted In:

Patung Budha di Bawah Laut, Spot Menyelam Unik di Bali!

Jika pada umumnya keindahan bawah laut suatu daerah dihiasi dengan berbagai biota laut seperti ikan dan terumbu karang, hal unik dapat anda temui di bawah laut Teluk Pemuteran, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali. Beragam candi dan patung Budha dan Ganesha serta tiang-tiang berbentuk pura akan membuat anda takjub akan ekosistemnya.

Adanya candi dan patung Buddha ini tak lepas dari kelompok penggiat alam yang ingin menyuarakan tentang konservasi alam bawah laut yang ada di Pulau Bali. Sejak tahun 2000, kelompok ini mulai rutin menenggelamkan berbagai benda seni di Teluk Pemuteran. Teluk Pemuteran memiliki banyak aktivitas wisata bahari dan penangkaran penyu. Patung Buddha ini menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang sehingga ekosistem bawah laut yang sempat rusak akibat penangkapan ikan dan pengeboman mulai mengalami perbaikan.

Candi tersebut juga dialiri tegangan listrik sebesar 6 hingga 10 volt, hal ini berpengaruh terhadap usia patung dan mempercepat pertumbuhan terumbu karang. Sebuah langkah kreatif dan nyata untuk menyelamatkan biota laut telah dilakukan oleh proyek yang bernama Bio Rock ini. Bahkan prestasi dari proyek yang telah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu ini masuk kedalam 10 pemandangan bawah laut terbaik oleh Lonely Planet dalam bukunya.

Sumber :
www.wanita.me/living/di-bawah-laut-bali/
www.kebudayaanindonesia.com/2016/09/eksotisnya-patung-bawah-laut-yang-ada.html

Share This Article

Related News

Ungkapkan Rasa Syukur Dengan Perang Tipat-Bantal
Indahnya Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Lima Tokoh Bali Terima Penghargaan “Bali Mandara Parama Nugraha 2017”

About Author

redaksi

Leave A Reply

Leave a Reply