Monday, Nov. 20, 2017

Tape Ketan, Kuliner Khas Galungan Yang Wajib Dicoba

Written By:

|

November 4, 2017

|

Posted In:

Tape Ketan, Kuliner Khas Galungan Yang Wajib Dicoba

Hari Raya Galungan menjadi hari tersibuk bagi umat Hindu untuk melakukan serangkaian prosesi upacara yadnya. Selain sibuk dengan kegiatan, Galungan juga dijadikan sebagai ajang berkumpul dengan keluarga besar, entah itu hanya sekedar berbincang-bincang atau makan bersama. Kuliner yang disajikan saat Galungan cukup beragam, tak hanya lawar dan sate yang memiliki cita rasa khas bumbu Bali, terdapat juga salah satu kuliner manis ‘Tape Ketan‘ yang menjadi pelengkapnya.

Jika tape pada umumnya dibuat dari bahan dasar ketela pohon namun berbeda dengan tape khas Galungan ini, tape ini dibuat dengan berbahan dasar ketan atau injin (beras hitam). Proses pembuatanĀ Tape Ketan juga ada memiliki waktu tersendiri yaitu tepat pada hari penyekeban Galungan atau 3 hari sebelum hari raya Galungan, di hari ini orang Bali biasanya melakukan penyekeban/fermentasi dalam pembuatan tape. Cara pembuatan tape ketan cukup simple, berikut prosesnya:

tape uli

1. Siapkan beras ketan lalu dicuci bersih dan dikukus. Usahakan untuk tidak terlalu mentah maupun kematangan saat mengukusnya.

2. Selesai dikukus, angkat kukusan dan dinginkan, jangan lupa untuk mengaduknya agar tidak menggumpal.

3. Jika beras ketan sudah dingin, tambahkan gula, usahakan takaran gula sesuai dengan banyaknya beras ketan yang dikukus tadi, supaya nanti hasilnya tidak terlalu kemanisan.

4. Haluskan ragi dan campur dengan adonan beras ketan. Untuk mempercantik tape juga dapat ditambahkan pewarna makanan seperti daun pandan wangi.

5. Masukkan adonan tape ke dalam wadah yang bisa ditutup rapat. Tiga atau empat hari kedepan tape ini barulah dibuka, terkait dengan rangkaian Galungan dari hari minggu sampai hari rabu saat puncak hari Suci Galungan dirayakan maka tape akan siap dijadikan sebagai persembahan sesajen.

Tape ketan biasanya digunakan sebagai sesajen yang diletakkan pada sodan/punjungan. Selain untuk sesajen, tape ketan juga bisa dinikmati dengan ditemani jaje uli sebagai pelengkap.

referensi artikel:

http://www.dewasetiawan.com/2012/08/resep-tape-ketan-bali-yang-manis-banget
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160210170531-262-110160/memuaskan-rindu-tape-ketan-bali-saat-galungan
http://suluhbali.co/tape-ketan-galungan-panganan-tradisional-yang-begitu-khas

Share This Article

Related News

Berburu Kuliner Khas Buleleng Yakni Bubur Mengguh
Anggur Buleleng, Buah Bali Dengan Kualitas Dunia
Pie Susu, Oleh-oleh Khas Bali Yang Paling Digemari

About Author

yuni

Leave A Reply

Leave a Reply