Tuesday, Aug. 14, 2018

Tari Tenun Melanggambarkan Keseharian Wanita Bali

Written By:

|

December 1, 2017

|

Posted In:

Tari Tenun Melanggambarkan Keseharian Wanita Bali

tari tenun bali

Tari Tenun merupakan salah satu tari kreasi dari Bali yang diciptakan oleh I Nyoman Ridet dan I Wayan Likes pada tahun 1962. Tarian ini meggambarkan kegiatan sehari-hari wanita Bali pada zaman dahulu. Cerita yang diangkat dalam tari Tenun ini menggambarkan tentang penenun-penenun wanita yang sedang membuat kain tenun dari alat sederhana.

Tari ini secara tidak langsung menggambarkan bahwa Bali memiliki kebudayaan dan kegiatan yang unik dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, tari Tenun juga berfungsi untuk melestarikan kebudayaan tenun-menenun yang ada di Bali.

Tari Tenun sangat identik dengan gerakan yang khas dari seorang penenun. Dalam penyajiannya, gerakan dalam tarian ini dimulai dari para penenun yang memintal benang, mengatur benang di alat tenun, dan kemudian di akhiri dengan menenun. Sebagian besar gerakan dalam tari masih mengacu pada unsur-unsur tari klasik, tetapi sebagiannya lagi sudah ditambahkan dengan gerak-gerak imitatif yaitu saat penenun mengerjakan pekerjaannya, seperti sedang memintal benang sampai menenun.

Menurut cara penyajiannya, tari Tenun bisa ditarikan secara tunggal maupun berkelompok (3 orang), selain itu, tari Tenun juga tak jarang ditarikan secara massal. Busana yang dipakai oleh penari Tenun, diantaranya:

1. Kepala mengenakan lelunakan.
2. Busana yang dipakai terdiri dari tapih, kamen, seledang yang dililitkan disekitar dada serta sabuk prada.
3. Bunga semanggi yang dikenakan di kepala sebagai penghias.
4. Untuk tata rias wajah, hampir sama seperti tarian Bali yang lain.

Tari Tenun sampai saat ini masih dilestarikan oleh generasi muda Bali demi tetap eksisnya kebudayaan di Bali. Dengan ini, dapat mendatangkan ketertarikan para wisatawan dengan adanya kesenian yang unik contohnya tari tenun.

 

referensi artikel:
http://www.kamerabudaya.com/2017/10/tari-tenun-tarian-tradisional-dari-bali.html
http://bobo.grid.id/Sejarah-Dan-Budaya/Budaya/Tari-Tenun-Gambaran-Keseharian-Wanita-Bali
http://ia-ratnadewi.blogspot.co.id/2012/09/tari-tenun.html

Share This Article

Related News

OMED – OMEDAN
“Megoak-Goakan” Permainan Khas Buleleng
Tradisi Nyaagang : Wujud Bakti Kepada Roh Leluhur

About Author

yuni

Leave A Reply

Leave a Reply