Wednesday, Jul. 17, 2019

Tradisi Mapeed, Pemandangan Langka Yang Hanya Ada di Bali

Written By:

|

October 25, 2017

|

Posted In:

Tradisi Mapeed, Pemandangan Langka Yang Hanya Ada di Bali

Mapeed, salah satu tradisi unik di Pulau Dewata Bali,  tradisi di mana para perempuan Bali mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang dewasa berjalan beriringan secara rapi dan teratur dengan membawa Gebogan. Gebogan sendiri adalah rangkaian buah dan aneka jajanan tradisional Bali yang dihiasi daun janur dan disusun sedemikian rupa di atas tempat yang disebut Dulang. Perempuan-perempuan tangguh tersebut mengusung Gebogan yang tingginya sekitar 1 meter dengan berjalan kaki dari Banjar menuju Pura Kahyangan Desa. Upacara ini dilakukan umat Hindu di Bali sebagai ucapan rasa syukur mereka kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Istilah Mapeed memiliki makna berjalan beriringan, karena warga tidak diperbolehkan datang secara perorangan. Adapun prosesi Mapeed dibagi menjadi 2 gelombang, gelombang pertama untuk warga yang bermukim di barat desa (tempek kauh), dan gelombang kedua untuk warga yang bermukim di timur desa (tempek kangin).

Upacara Mapeed hanya dilakukan pada hari-hari tertentu saja, seperti saat ada piodalan. Jika anda beruntung dan datang tepat 10 hari setelah Hari Raya Kuningan, tradisi Mapeed bisa menjadi momen terindah liburan anda. Jika anda benar-benar ingin melihat tradisi ini, lebih baik cari tahu lebih jauh tentang hari pelaksanaannya, karena setiap daerah di Bali memiliki waktu yang berbeda untuk melakukan upacara Mapeed ini. Bukan hanya waktunya yang berbeda, tetapi cara mereka melaksanakan tradisi ini juga berbeda-beda di setiap daerahnya. Meskipun begitu, tujuan dan maksud yang disertakan dalam upacara ini tentunya sama, yaitu bersyukur atas kesejahteraan dan keselamatan yang diberikan Tuhan.

Sumber :

http://pariwisatab.blogspot.co.id/2011/08/tradisi-mepeed-di-bali.html
https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1886985/tradisi-mapeed-iring-iringan-unik-membawa-sesajen-khas-bali
http://www.balitoursclub.com/berita_304_Tradisi_Mapeed.html
https://baliartinformation.wordpress.com/2016/03/31/mepeed-bali/
http://sebelasphotography.blogspot.co.id/2012/04/tradisi-mepeed-di-daerah-sukawati.html

Share This Article

Related News

OMED – OMEDAN
Tari Tenun Melanggambarkan Keseharian Wanita Bali
“Megoak-Goakan” Permainan Khas Buleleng

About Author

fifi

Leave A Reply

Leave a Reply