Sunday, Nov. 19, 2017

Wisata Pura Yeh Pulu dengan Bangunan Relief Kunonya

Written By:

|

October 13, 2017

|

Posted In:

Wisata Pura Yeh Pulu dengan Bangunan Relief Kunonya

Yeh Pulu merupakan wisata budaya yang unik, belum banyak wisatawan dalam negeri yang tahu tempat ini. Sebagian besar pengunjung objek wisata ini adalah wisatawan asing. Yeh Pulu menyajikan objek sejarah dengan tampilan pahat-pahatan kuno di bagian dinding. Relief yang ada di dinding ini memiliki panjang sekitar 25 meter dengan ketinggian sekitar 2 meter. Yeh Pulu telah ada di abad ke-14 atau ke-15, bangunannya pertama ditemukan oleh Kerajaan Ubud di tahun 1925.

Yeh Pulu diambil dari kata “Yeh” yang berarti air dan “Pulu” berarti gentong, makna ini dapat dilihat dari sumber air yang ada di tempat itu. Relief yang ada di dinding ini bercerita mengenai Krishna selain itu ada juga pahatan kisah Raja Bendahulu pada saat perang. Wisata Yeh Pulu sendiri merupakan monumen Bali kuno.

Yeh Pulu berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Wisata ini dekat dengan persawahan jadi wisatawan tentunya bisa melihat pemandangan persawahan yang sangat indah. bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini bisa menyewa mobil,  menuju tempat wisata ini sedikit susah karena tidak ada taksi. Untuk menuju lokasi, kamu akan melewati jalan setapak yang kecil, jalannya sangat bersih dan terawat.

Sumber:

www.rentalmobilbali.net/yeh-pulu/

bali.panduanwisata.id/pura-hindu-bali/menafsir-makna-relief-relief-yeh-pulu/

Share This Article

Related News

Nikmati Hijaunya Bukit dan Birunya Laut di Bukit Asah Bugbug Karangasem
Pesona Pura Luhur Batukaru Tabanan
Pasar Sukawati, Pasar Seni yang Terpopuler di Bali

About Author

milasari

Leave A Reply

Leave a Reply